Indonesia Berhutang Pada Muhammad Ali Taher?

Kategori : Article | Pengetahuan | Tanggal : Minggu, 20 December 2020


Share :

                                                            Indonesia Berhutang Pada Muhammad Ali Taher?

Selain Mufti Besar Palestina, Syaikh Muhammad Amin Al Husaini yang kita kenal dukungan besar atas perjuangan kita untuk kemerdekaan Bangsa Indonesia dahulu.

Ada satu nama lagi yang terkenal dalam kemerdekaan kita Rakyat Indonesia.

Beliau adalah Muhammad Ali Taher, siapakah beliau?

Beliau adalah saudagar kaya Palestina, seseorang yang memberikan kekayaannya untuk perjuangan Rakyat Indonesia.

Kata-kata beliau yang terkenal adalah :

"Terimalah semua kekayaan saya ini untuk memenangkan perjuangan Indonesia," kata Ali Taher dalam siaran radio pada 6 September 1944. Dukungan berlanjut dengan aksi turun ke jalan yang dilakukan rakyat Palestina.

Dukungan yang diberikan setahun sebelum proklamasi tersebut adalah bentuk kecintaan dan kedekatan antara Palestina & Indonesia.

Indonesia berhasil memproklamasikan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945 dan menjadi negara yang berdaulat. Selanjutnya, Indonesia mendukung Palestina memerdekakan diri dari pendudukan Israel.

Negara Israel yang diproklamasikan Ben-Gurion pada 14 Mei 1948 tidak pernah mendapat pengakuan dari Indoenesia. Selain itu, hubungan diplomasi formal antara Indonesia Israel tidak pernah terjalin.

Bentuk dukungan lain terjadi pada 1957 saat Indonesia menolak bermain sepakbola melawan Israel jelang Piala Dunia. Pertandingan digelar di Tel Aviv atau Jakarta tak mengubah penolakan Indonesia.

Saat itu, Indonesia hanya mau main jika pertandingan digelar di lokasi netral tanpa lagu kebangsaan. Keinginan Indonesia ditolak persatuan sepakbola dunia FIFA sehingga urung berlaga di Piala Dunia.

Semoga persaudaraan Indonesia & Palestina selalu terikat mesra.

Betapa berhutangnya kita, dan semoga pula Palestina kembali merdeka dan mendapatkan hak-haknya kembali.(QI)

Komentar

Open Donasi

Campaign Terbaru

Berbagi Kemerdekaan Untuk Yatim Palestina

Sahabat Qudwah Indonesia yang dirahmati Allah SWT. Alhamdulillah kesempatan kali ini Qudwah Indonesia membuka peluang meraih keberkahan dari Bumi Palestina dan keberkahan di bulan Muharram yang akan datang bagi para Dermawan melalui program Berbagi Kemerdekaan Untuk Yatim Palestina. Program ini diperuntukkan bagi anak-anak para Syuhada Palestina yang selama ini hidup dengan segala keterbatasannya. Baik itu untuk kebaikan pokoknya, pendidikannya, nya dan lain sebagainya.

Qudwah

Sarana yang paling ampuh dalam menyampaikan ajakan kepedulian karena memiliki pengaruh yang paling besar dan paling effektif untuk membawa manusia ke dalam kebaikan.

Berbagi Untuk Yatim Hafidz Palestina

Donasi Sekarang

Memuliakan anak Yatim memang dianjurkan dan bahkan dijanjikan surga. Dari Sahl bin Sa’ad r.a berkata: “Rasulullah SAW bersabda: Saya dan orang yang memelihara anak yatim itu dalam surga seperti ini. Beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya serta merenggangkan keduanya.” (HR.Bukhori-Muslim)