Singkat Tentang Qudwah Indonesia

Qudwah Telah Beridiri
Selama 3 Tahun

Qudwah Indonesia adalah sebuah lembaga Filantropi yang bekecimpung di bidang kemanusiaan terdampak bencana alam, perang, konflik berkepanjangan ataupun karena kondisi ekonomi terpuruk.

Pada awalnya, Qudwah Indonesia bergerak di Kota Bekasi dengan mengumpulkan donasi bagi korban kemanusiaan akibat perang dan konflik berkepanjangan di Palestina. Namun seiring dengan waktu Qudwah Indonesia pun tak menutup mata dari kondisi dalam negeri, juga dunia. Maka dibentuklah satu lembaga untuk memayungi gerak langkahnya dinamakan Yayasan Teladan Kemanusiaan Indonesia. Dengan dibentuknya Yayasan Teladan Kemanusiaan Indonesia yang secara harfiyah merupakan terjemahan dari Qudwah Indonesia, keberadaan lembaga ini tidak hanya dirasakan oleh bangsa Palestina secara awal kemunculannya, tetapi dirasakan juga oleh penduduk sekitar dan warga nasional Indonesia. Maka lahirlah program Saba Desa di kota Lebak, Banten sebagai bentuk kepedulian lembaga ini terhadap kondisi kemanusiaan warga sekitar.

Lembaga ini berupaya memberikan bantuan kemanusiaan berupa bahan bangunan dan makanan serta fasilitas untuk masyarakat yang menderita akibat bencana alam gempa bumi yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat. Ketika terjadi bencana pandemi covid 19, lembaga ini juga aktif memberikan bantuan kepada warga yang terdampak dengan memberikan penyemprotan cuma-cuma ke sekolah-sekolah dan masjid. Lembaga ini juga telah membagi-bagikan 10 ribu masker secara gratis kepada warga.

Dari sisi organisatoris Qudwah Indonesia berada di bawah lembaga legal formal Yayasan Teladan Kemanusiaan Indonesia, namun secara aksi di lapangan Qudwah Indonesia lebih familiar dan dikenal di masyarakat, bahkan sudah dikenal di dunia internasional. Terbukti logo Qudwah sudah ada di sejumlah media mainstream dunia, baik di Malaysia, Palestina maupun Turki. Karena memang lembaga ini aktif dalam bidang kemanusiaan di berbagai negara tersebut, seperti memberikan bantuan bagi kaum miskin para pengungsi Palestina di Tepi Barat dan Gaza.

Menurut historis pendirian lembaga ini dibentuk pada 1 Nopember 2017, diketuai Bapak Yusuf Adhi Nugraha didampingi sekretaris dan bendaharanya, Ibu Sri Supiyati dan ibu Tri Sugiarti. Untuk menambah jangkauan kegiatannya, maka direkrutlah berbagai praktisi kemanusiaan, selain aktif menjalin kerjasama dengan berbagai ormas Islam atau kemanusiaan baik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri.

Sesuai dengan namanya, Qudwah Indonesia berupaya menjadi teladan dan panutan bagi yang lainnya. Secara pilosofi Qudwah Indonesia bercita-cita menjadi teladan bagi orang lain atau menurut bahasa sekarang menjadi trendsetter bagi lembaga-lembaga sejenis terkait kepedulian mereka terhadap nilai-nilai kemanusiaan. Sebagaimana pribadi Rasulallah yang menjadi panutan bagi seluruh kaum manusia, bukan hanya ummat Islam. Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang-orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari akhir dan dia banyak menyebut Allah (Al-Ahzab:21).

Qudwah adalah sarana yang paling ampuh dalam menyampaikan ajakan. Qudwah memiliki pengaruh yang paling besar dan paling effektif untuk membawa manusia ke jalan kebaikan. Bahkan ia melebihi sarana lain seperti ucapan. Sebuah ungkapan menyatakan, “perbuatan satu orang di hadapan sepuluh orang jauh lebih berpengaruh daripada perkataan sepuluh orang di hadapan satu orang”. Prinsip inilah yang ingin dicapai oleh Qudwah Indonesia dengan mengakui segala keterbatasan yang ada dan kemungkinan kesalahan sebagai manusia tentu pasti ada celanya.

Untuk itu, dengan segala kerendahan hati dan berharap kepada siapapun untuk memberikan koreksi dan kritikannya, selain tentunya dorongan serta supportnya menuju Qudwah Indonesia yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Visi

Menjadi lembaga kepalestinaan terdepan, amanah dan professional.

Misi

  • Berperan aktif dalam misi kemanusiaan palestina
  • Mengedukasi masyarakat mengenai permasalahan dan issue kepalestinaan
  • Membangun hubungan yang baik dan harmonis untuk mendapatkan dukungan moril dan materil dari berbagai elemen masyarakat
  • Qudwah Indonesia

    Kami akan selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada saudara kita di paslestina